Inilah 11 Tempat Wisata di Bangka Belitung Paling Memikat

tempat wisata di Bangka Belitung

Keindahan tempat wisata di Bangka Belitung terletak pada pesona wisata baharinya yang menawan hati. Provinsi yang merupakan gabungan dari dua buah kepulauan, yakni Bangka dan Belitung, memiliki banyak pantai yang mengagumkan dengan karakteristik bebatuan granit yang khas dan permukaan pantai yang landai. Selain pantainya yang indah, terdapat beberapa pulau yang menarik untuk dikunjungi di kawasan kepualauan ini, misalnya Pulau Lengkuas dan Pulau Memperak di Belitung.

Bangka Belitung (Babel) adalah kawasan kepulauan dengan 470 buah pulau dan hanya terdapat 50 pulau yang telah berpenghuni. Inilah sebab betapa potensi wisata bahari yang ada di sana mampu menyuguhkan Anda pengalaman wisata bahari yang berkesan, seperti snorkeling, memancing, hingga berlayar.

Daerah kepulauan yang terkenal sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia ini juga dihuni oleh masyarakat Indonesia dari etnis China dengan komposisi mencapai 20% dari total populasi di Bangka Belitung. Adalah hal yang lumrah bila Anda akan menjumpai banyak kelenteng di Babel yang masih digunakan sebagai tempat ibadah tatkala mengitari beberapa tempat wisata Bangka Belitung.

Tempat Wisata di Bangka Belitung

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Bangka Belitung paling menawan dan patut Anda kunjungi.

Gunung Menumbing di Bangka Barat

Gunung Menumbing di Bangka Barat

1. Gunung Menumbing

Terletak di daerah Mentok pada arah Barat Laut Pulau Bangka, Gunung Menumbing ini memiliki ketinggian sekitar 355 meter dpl. Di Gunung Menumbing jugalah merupakan tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta oleh Belanda pada tahun 1948-1949 di Pulau Bangka.

Ada sebuah wisma yang masih terawat hingga kini yang menjadi tempat di mana Proklamator RI tersebut diasingkan.

Wisma pengasingan ini dijaga oleh keluarga yang adalah pula Abdi Dalem Keraton Yogyakarta dari generasi ke generasi yang dari awal memiliki tanggung jawab untuk menjaga Bung Karno dan Bung Hatta selama pengasingan di Bangka.

Alamat Gunung Menumbing: Desa Air Belo, Mentok, Kab. Bangka Barat, Bangka Belitung
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -1.9998448,105.2

Baca juga: 5 Pantai Memikat Wisata Pulau Bangka

Pantai Parai Tenggiri di Babel

Pantai Parai Tenggiri di Babel

2. Pantai Parai Tenggiri

Berjarak sekitar 40 km dari ibukota Provinsi Bangka Belitung, Pangkalpinang, Pantai Parai Tenggiri adalah pantai paling indah di Bangka Belitung dengan karakter ombak yang lembut dan permukaan yang landai. Pantai Bangka yang satu ini memiliki panorama yang eksotis dengan hamparan batu granitnya yang khas. Seperti pantai Bangka lainnya, pantai Parai Tenggiri juga memiliki bebatuan granit yang berukuran besar dalam aneka bentuk yang unik dan berjumlah banyak.

Panorama pantai yang indah dapat Anda saksikan tatkala menaiki bebatuan granit tersebut, menyuguhkan Anda keindahan Laut Cina Selatan yang teduh. Ada banyak kegiatan wisata menarik yang dapat dilakukan wisatawan, di antaranya banana boat, parasailing, hingga snorkel di Parai Tenggiri.

Selain itu, jika Anda suka memancing di pantai ini, tersedia penyewaan perahu pancing yang lengkap dengan peralatannya. Salah satu tempat wisata di Bangka Belitung ini juga dilengkapi dengan fasilitas akomodasi yang lengkap, tersedia hotel hingga ressort yang dapat Anda tempati serta fasilitas permainan air.

Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Pantai Parai Tenggiri sebesar Rp 25 ribu per orang dan tiket ini nanti dapat ditukarkan dengan makanan atau minuman yang ada di restoran yang terletak di pinggir pantai.

Alamat Pantai Parai Tenggiri: Desa Sinar Baru, Sungailiat, Bangka Belitung
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -1.806153,106.12522

Pulau Memperak di Belitung

Pulau Memperak di Belitung

3. Pulau Memperak

Inilah keindahan tempat wisata di Belitung yang belum diketahui banyak wisatawan, namun terkenal akan pesonanya yang memikat. Pulau Memperak terletak di Kabupaten Belitung Timur, menyuguhkan Anda air laut yang biru kehijauan dan bersih. Keindahan alam bawah laut di pulau ini adalah satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan. Inilah sebab mengapa Pulau Memperak ini adalah salah satu tempat snorkel di Bangka Belitung yang mempesona.

Snorkeling terbaik di pulau ini dapat dilakukan di bagian utara, timur, dan barat Pulau Memperak. Itulah spot snorkel paling menarik untuk menikmati keindahan terumbu karang dan aneka makhluk hidup bawah air Pulau Memperak. Dan tak lupa, gunakan alas kaki tatkala snorkel karena terdapat bulu babi yang tajam. Pulau Memperak adalah pulau yang sepi, hanya ada penjaga pulau saja yang tinggal dalam rumah yang dibangun di sana. Oleh karenanya, membawa perbekalan akan sangat penting untuk menikmati pesona wisata Bangka Belitung yang satu.

Alamat Pulau Memperak: Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -2.710292,108.429822

Pantai Tikus di Bangka

Pantai Tikus di Bangka

4. Pantai Tikus

Pantai Tikus adalah sebuah pantai di Pulau Bangka yang masih tergolong alami, cukup terjaga dari gangguan tangan-tangan manusia. Panorama indah pantai ini terwujud melalui bukit terjal dengan hamparan bebatuan granit dan air laut yang kebiruan.

Di puncak bukit, Anda akan menyaksikan adanya sebuah kuil peribadatan yang berdiri cukup megah dengan pemandangan yang indah. Kuil atau kelenteng ini berbentuk bulat, menjadi sebuah ciri khas yang ada di Pantai Tikus.

Alamat Pantai Tikus: Desa Rebo Kelurahan Kenanga, Sungailiat, Bangka Belitung
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -1.9010016,106.184676

Pantai Penyusuk di Belinyu

Pantai Penyusuk di Belinyu

5. Pantai Penyusuk

Inilah salah satu mutiara indah dari berbagai tempat wisata Bangka Belitung yang menawan. Pantai Penyusuk terletak di Bangka bagian utara, memiliki panorama pantai yang indah. Anda akan menjumpai tumpukan batu granit yang seolah membentuk sebuah ceruk di pantai ini. Ditambah lagi dengan pepohanan hijau yang tumbuh di pesisir pantai serta keberadaan empat buah pulau yang berjajar indah.

Salah satu destinasi wisata Bangka Belitung yang juga populer di kalangan masyarakat Bangka ini memiliki ombak laut yang tenang. Oleh karenanya, berenang dan bermain air laut di pantai ini adalah kegiatan paling favorit yang dilakukan banyak orang. Jika Anda ingin singgah di pulau-pulau yang ada di sana, Anda dapat menyewa perahu nelayan dengan kapasitas hingga 10 orang, kisaran harga Rp 150 ribu hingga 250 ribu.

Pulau yang paling favorit untuk disinggahi adalah Pulau Lampu karena memegang fungsi sebagai mercusuar. Di sinilah banyak wisatawan menghabiskan waktunya dengan berenang dan bermain air laut. Jangan khawatir, terdapat dua buah kamar mandi untuk membilas tubuh setelah berenang di air laut.

Alamat Pantai Penyusuk: Jl. Penyusuk, Belinyu, Bangka Belitung
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -1.538320,105.725863

Pantai Pasir Padi di Pangkalpinang

Pantai Pasir Padi di Pangkalpinang

6. Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi berjarak sekitar 7 km dari kota Pangkalpinang. Ini adalah pantai yang jaraknya paling dekat jika Anda telah sampai di bandara udara Pangkalpinang. Tempat wisata Pulau Bangka yang satu ini adalah yang paling terkenal di Bangka. Tak ayal, Anda akan mendapati banyaknya warga Bangka yang mengunjungi kawasan wisata Pantai Pasir Padi.

Tempat wisata di Bangka Belitung yang satu ini memiliki pasir yang menyerupai bulir-bulir padi, itulah sebabnya dinamakan sebagai pasir padi. Untuk dapat masuk ke kawasan wisata Pantai Pasir Padi, Anda harus membayar tiket masuk pantai Pasir Padi sebesar Rp 10 ribu per orang. Di kawasan sekitar pantai, tersedia fasilitas publik yang begitu lengkap. Hotel berbintang, restoran, hingga warung makan tersedia dalam jumlah yang cukup banyak di sana.

Alamat Pantai Pasir Padi: Kec. Bukit Intan, Pangkalpinang, Bangka Belitung
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -2.118669,106.173656

Pulau Lengkuas di Belitung

Pulau Lengkuas di Belitung

7. Pulau Lengkuas

Salah satu yang khas dari pulau di Belitung ini adalah keberadaan mercusuar yang berusia sangat tua dan masih akitf hingga kini, yakni mercusuar peninggalan Belana yang dibangun pada tahun 1882. Pesona memikatnya tedapat pada hamparan laut biru nan jernih dengan bebatuan granit yang mempesona.

Dengan luas wilayah yang kurang dari 1 hektare, tempat wisata di Belitung ini menyuguhkan Anda panorama laut yang memikat. Cukup dengan menaiki mercusuar setinggi 50 meter tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan spektakuler di Pulau Lengkuas. Jika Anda terlalu lelah untuk sampai di puncak mercusuar, jangan khawatir sebab setiap lantainya memiliki jendela yang menghadap ke berbagai arah. Inilah sebab mengapa Pulau Lengkuas memiliki daya pikat yang selalu mengundang kedatangan wisatawan untuk dapat menikmati pesonanya.

Alamat Pulau Lengkuas: Kec. Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -2.536829,107.620385

Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang

8. Pantai Tanjung Kelayang

Terletak sekitar 27 km dari pusat kota Tanjungpandan di Belitung, Pantai Tanjung Kelayang adalah salah satu destinasi wisata di Bangka Belitung yang populer di kalangan wisatawan domestik dan internasional. Secara berkala, ratusan perahu yacht dari berbagai negara akan singgah di pantai Belitung yang satu ini dalam event Sail Indonesia. Bebatuan granit yang menawan dengan salah satu formasi batu yang membentuk kepala burung, serta hamparan pasir putih yang bersih adalah pesona keindahan dari panorama pantai yang populer dikunjungi masyarakat Belitung sejak dulu.

Di kawasan pantai inilah berbagai event akbar maritim internasional kerap terselenggara, salah satunya yang belum lama berselang adalah Sail Wakatobi – Belitong.

Alamat Pantai Tanjung Kelayang: Kec. Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -2.559014,107.669447

Pantai Tanjung Pesona di Bangka

Pantai Tanjung Pesona di Bangka

9. Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona adalah salah satu tempat wisata favorit bagi masyarakat Pulau Bangka. Hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk dapat sampai di pantai ini dari kota Sungailiat atau 45 menit dari Pangkalpinang. Pantai yang terletak di Desa Rambak, Sungailiat ini memiliki banyak wahana permainan yang memikat. Ini akan sangat menyenangkan bagi anak-anak, oleh karena itu destinasi ini adalah salah satu wisata keluarga yang favorit di Bangka.

Selain itu, berbagai permainan dan olahraga air juga turut menambah daya tarik tempat wisata di Pulau Bangka ini. Anda dapat bermain kano, banana boat, jetski, berenang, bermain pasir, hingga memancing. Cukup dengan menyewa speedboat dan peralatan memancing yang telah disediakan, Anda tinggal melaju ke tengah laut untuk mengisi liburan Anda dengan memancing.

Alamat Pantai Tanjung Pesona: Jl. Pantai Rebo, Sungailiat,  Bangka Belitung
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -1.874900,106.171596

Pantai Tanjung Tinggi di Belitung

Pantai Tanjung Tinggi di Belitung

10. Pantai Tanjung Tinggi

Inilah pantai di Belitung paling menawan dan terpopuler, terlebih pasca dijadikan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi yang terkenal itu. Bersama-sama dengan Pantai Parai Tenggiri, Pantai Tanjung Tinggi adalah tempat wisata di Bangka Belitung paling populer di kalangan penikmat perjalanan. Terletak sekitar 30 km dari pusat kota Tanjungpandan, Pantai Tanjung Tinggi memiliki panorama pantai yang memikat dengan pasir putih dan bebatuan granit seperti layaknya pantai-pantai lainnya di Bangka Belitung.

Aneka olahraga air tersedia di pantai ini, selain itu beberapa kegiatan yang paling sering dilakukan wisatawan di antaranya adalah berenang, berjemur, snorkel, memancing, bermain jetski, hingga berjelajah dengan kano. Tentu saja, fasilitas publik dan akomodasi akan mudah ditemui di kawasan pantai indah ini, dari rumah makan hingga hotel dan resort.

Alamat Pantai Tanjung Tinggi: Kec. Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -2.552126,107.713900

Pantai Penyak di Koba

Pantai Penyak di Koba

11. Pantai Penyak

Inilah salah satu pantai di Bangka Belitung dengan garis pantai terpanjang, mencapai hingga 3 km. Pantai Penyak memiliki pesona pada permukaan pantainya yang landai dan berada tepat di pinggir jalan raya yang menghubungkan Pangkalpinang dengan Koba. Inilah sebab tempat wisata di Bangka Belitung ini kerap dijadikan sebagai tempat singgah dan bersantai bagi mereka yang sedang dalam perjalanan.

Di hari-hari libur dan akhir pekan, kawasan pantai ini selalu ramai dikunjungi masyarakat Bangka untuk menikmati panorama dan bermain-main di bibir pantai. Menikmati air kelapa muda adalah cara lain yang kerap dilakukan wisatawan di Pantai Penyak. Namun sayangnya, kurangnya perhatian dari pemerintah memberi kontribusi terhadap lambannya pengembangan potensi wisata yang dikandung pantai yang populer di Bangka Tengah ini.

Alamat Pantai Penyak: Desa Penyak, Koba, Kab. Bangka Tengah, Bangka Belitung
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -2.426160,106.309917

38 Komentar

  • Saya kebetulan dapat istri orang bangka belitung dan memang pantainya indah-indah banget. Sayangnya pantai dan laut yang indah tsb dirusak oleh penambang timah, karena mereka saat ini menambang timah ditengah laut sehingga merusak terumbu karang. Akibatnya habitat ikan dsb menjadi rusak, Hobby mancing saya menjadi sulit tersalurkan bila berada disana karena ikan-ikan sudah jarang ditemui.
    Sungguh sangat disayangkan….

  • Pingin bgt kesana. Kl dr Jawa (Sby) ke belitung bth berapa kali transport ya? Msl dr sby via pesawat. Kl dua hari disana kira2 lokasi mana aja yg bs di tuju?butuh masukan info dan guide. Trmksh

  • klw main ke bangka jangan lupa ke bangka selatan spot pantai nya banyak juga yang bagus dan jangan lupa main ke perkebunan ladanya yang bagus

  • Kalo saya mau ke bangka, tempat wisata apa saja yang bagus dan berjarak tempuh dekat,mengingat kami hanya 2 malam saja?

  • Tgl 8-10 mo ke nangka liat GMT…info donk pusat acara dimana ya…trus mo eksplore bangka.saran donk kmana aja ya dgn waktu yg singkat itu..tq

  • mungkin ada yang cari guide sama rental kendaraan buat dibelitung bisa hubungi saya 087733887624 untuk FB ed setyawan. makasi

  • Saya planing mau ke belotong bln mei, apa kah bln tsb cuaca nya bersahabat? Dan say bituh akomidasi dan hotel di sana

  • Keren abisss pantai2 di belitung itu…kalau ada kesempatan lagi… pastiii aku akan kembali kesanaa…ngangeninnn sihh pantai Nyaaa..

  • mbak bisa minta tolong donk, recomend retal mobil di bangka dan belitung sekalian bisa guide juga. klo bisa harga bersahabat…..Thanks before

  • aduh……view nya bagus banget…..
    sy rencana desember 2015 mau kebangka tapi bingung..belum ada guide nya….

  • Ulasannya sangat baik.,namun masih ada tempat2 wisata lainnya yang luput seperti.. Pulau ketawai, pantai Tanjung Krasak, Air terjun sadap. Air panas pemali, pulau nanas dll.

  • Wah…. Bagus sekali. Pantai ini rasa nya ingin ke sana tapi udah ngak sabar…………. Ingin ke Belitung semoga kita selamat ke Belitung

      • kalo satu hari recommended hopping island mbak
        pulau lengkuas, pulau kepayang, pulau pasir, pulau batu belayar, pantai tanjung kelayang, pantai tanjung tinggi sama pantai tanjungpendam bisa kok walau satu hati
        hehe

        • Pak, saya dan keluarga lecil kami rencana liburan ke belitong pada bulan agustus 2016. Rekomen hotel yg nyaman dan bagus buat saya beserta 3 buah hati saya usian 1 – 8 tahun dimana ya pak? Dan utk 1 day trip bisa kemana saja dan utk harga paketnya brp

  • ini keren sekali.. andai bisa di ijinkan traveling sendiri pasti saya akan belitung….. semoga tercapai… amin

  • hayuk dtang ke bangka belitung, selain wisata pantainya yang indah.. masih banyak lagi destinasi wisata yang lain yang pasti sangat menarik.. orangnya juga ramah2 lho.. 😀

  • Dear, Mba Melda

    Salam kenal ya..
    Tulisan di blognya bermanfaat sekali ..karena kami ada rencana ke Belitung pada Juli 2015 nanti.

  • saya mengucapkan terima kasih kepada penulis blog ini, kami di Pantai Santolo sangat terinspirasi … Kami siap menyimak selalau

Tulis Komentar