Ini 3 Tempat Pemandian Air Panas di Bogor

pemandian air panas Bogor

Ada tiga tempat pemandian air panas Bogor yang dapat Anda pilih di Bogor. Ketiga tempat mandi air panas ini kerap didatangi pengunjung, terlebih di akhir pekan dengan arus kedatangan pengunjung dari Jakarta.

Sebagai salah satu tujuan wisata akhir pekan warga Jakarta, tempat pemandian air panas Bogor adalah kegiatan wisata berbiaya murah dan menyegarkan.

Berendam di air panas adalah sebuah terapi alami yang sangat ampuh mengembalikan kesegaran tubuh dan memperlancar sirkulasi darah. Setelah bekerja keras mencari nafkah, maka akhir pekan adalah saat yang tepat untuk mendapatkan kembali kebugaran badan melalui mandi air panas.

Baca juga: Inilah 7 Tempat Menarik di Puncak Bogor

Tempat Pemandian Air Panas Bogor

Selain kawasan Puncak Bogor dan sejumlah tempat wisata di Bogor favorit lainnya, ada juga tempat pemandian air panas di Bogor yang dapat menyegarkan tubuh Anda. Berikut ini adalah 3 tempat air panas di Bogor yang patut Anda kunjungi:

1. Wisata Air Panas Gunung Pancar Bogor

Tempat pemandian air panas Bogor yang satu ini adalah kolam air panas alami yang bersumber dari Gunung Pancar. Lokasi pemandian air panas Gunung Pancar ini berada di daerah Babakan Madang, berjarak sekitar 45 menit dari Sirkuit Sentul. Pemandian air panas di Bogor ini berada dalam kawasan hutan lindung pinus Gunung Pancar.

Baca juga: Wisata Gunung Pancar, Destinasi Akhir Pekan di Bogor yang Disukai

Air Panas Gunung Pancar Bogor

Air Panas Gunung Pancar Bogor

Oleh karena itu, untuk dapat masuk ke dalam kawasan hutan lindung ini, Anda akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 2 ribu per orang untuk wisatawan domestik, dan Rp 5 ribu untuk wisatawan mancanegara. Jika Anda membawa kendaraan sendiri, maka tarif parkir di kawasan wisata Gunung Pancar adalah sebesar Rp 1000 untuk mobil ataupun motor.

Tiket masuk di atas belumlah termasuk biaya untuk berendam air panas. Untuk dapat menikmati air panas Gunung Pancar Bogor ini, maka Anda harus membayar tiket masuk kolam pemandian di sana. Harga tiket masuk air panas Gunung Pancar adalah sebesar Rp 10 ribu per orang. Untuk tarif parkir kendaraan di area pemandian air panas, Anda harus membayar sebesar Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 4 ribu untuk mobil.

Baca juga: Walini Ciwidey, Tempat Pemandian Air Panas di Bandung

Wisata air panas Gunung Pancar Bogor memiliki sejumlah fasilitas publik yang cukup baik. Tersedia kolam-kolam pemandian air panas, yakni kolam umum, kolam keluarga, dan kolam 3 rasa.

Kolam Air Panas Gunung Pancar

Kolam Air Panas Gunung Pancar

Anda tidak perlu khawatir, sebab kolam umum ini terbagi lagi untuk pengunjung laki-laki dan pengunjung perempuan. Ada juga kolam air panas yang tertutup dan menjaga privasi Anda, ini diperuntukkan bagi Anda yang memang menginginkan suasana yang lebih pribadi. Anda dapat menggunakan kolam air panas tertutup ini untuk Anda sendiri, bersama pasangan, atau bersama dengan anggota keluarga Anda.

Jika ingin privasi, Anda harus membayar biaya untuk mendapatkan kolam privat di sana, yakni sebesar Rp 25 ribu per orang selama satu jam atau Rp 100 ribu per keluarga selama satu jam.

Tempat pemandian air panas Gunung Pancar Bogor dikenal juga dengan khasiat air panasnya yang mampu menyembuhkan penyakit. Oleh sebab itu, terdapat fasilitas terapi air panas di tempat wisata ini. Kapanpun Anda ingin mandi air panas, kolam air panas Gunung Pancar terbuka 24 jam untuk Anda.

2. Wisata Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor

Lokasi tempat pemandian air panas di Bogor ini terletak di Desa Ciseeng, Parung. Oleh karenanya, tempat wisata ini lebih sering disebut sebagai tempat air panas Ciseeng di Bogor. Untuk dapat masuk ke kawasan air panas Tirta Sanita di Ciseeng ini Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 8 ribu untuk orang dewasa dan Rp 6 ribu untuk anak-anak.

Tirta Sanita Ciseeng Bogor

Tirta Sanita Ciseeng Bogor

Sementara itu, untuk dapat berendam di kolam air panas Ciseeng maka Anda wajib membayar lagi untuk dapat berendam. Harga berendam di kolam air panas Ciseeng bervariasi, dari harga Rp 10 ribu hingga 50 ribu per orang. Di tempat wisata air panas Ciseeng ini, juga tersedia aneka kegiatan menarik lainnya. Di antaranya adalah wahana permainan anak-anak, penginapan, water park mini, serta tempat makan.

Air panas Ciseeng ini bersumber dari Gunung Kapur Ciseeng. Kandungan air panas di tempat ini juga berkhasiat menyembuhkan penyakit, seperti rematik dan pegal-pegal. Tempat wisata air panas Tirta Sanita Ciseeng terbuka untuk umum, dibuka dari pukul 7 pagi hingga 8 malam setiap hari.

Baca juga: Wisata Ciater Bandung, Tempat Pemandian Air Panas Alami

3. Wisata Air Panas Gunung Salak Endah, Ciparay Bogor

Di antara wisata pemandian air panas di Bogor, kolam air panas Ciparay adalah yang paling murah. Lokasi air panas Ciparay ini terletak di Desa Ciparay, Kecamatan Pamijahan, Gunung Salak Endah, Bogor. Untuk dapat berendam di kolam air panas Ciparay, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 4 ribu per orang.

Air panas Gunung Salak Endah, Bogor

Air panas Gunung Salak Endah, Bogor

Anda harus menuruni sekitar 400 anak tangga untuk dapat sampai ke tempat pemandian ini. Salah satu tempat pemandian air panas favorit di Bogor ini diminati pengunjung karena suasananya yang masih alami.

Juga, tersedia saung untuk bersantai serta warung-warung penduduk lokal yang menyediakan menu kopi, teh manis, indomie rebus, dan makanan ringan lainnya.

Baca juga: Rekomendasi 5 Hotel di Bogor Paling Populer

14 Komentar

  • Ka Melda, kemarin saya ke tempat pemandian gunung pancar tapi kenapa beda ya sama yang di foto kk, sangat mengecewakan dan ga recomended banget tempatnya…

  • Pulau tidung sudah kotor dan sumpek jika weekend.Pulau pari lebih asri dan bakau nya bagus.bisa PP dari pelabuhan marina 160,000 naik speedboat.

  • Kemarin (16 Mei 2015 )gw ke tempat pemandian air panas gunung pancar,setelah sampai pintu masuk kita akan di minta bayar tiket masuk pada pintu pertama sebesar Rp 20.000,- permotor walaupun di situ tertera Rp 5.000,- permotor,kemudian kita akan naik agi keatas untuk sampai di tempat pemandian air panas pada loket kita akan di mintai lagi bayar untuk masuk area pemandian air panas orang dewasa Rp 10.000,- Anak-anak Rp 3.000,- untuk motor kita harus bayar Rp 2.000,- jadi gw pergi bertiga bersama istri dan anak gw jadi harus bayar Rp 25.000,- berikut motor,sesudah itu kita akan menuju ketempat kolam air panas kita akan dimintai lagi uang sebesar Rp 5.000- perorang ,itu pun kita akan mandi di kolam air panas untuk yang sempit kalau mau yang untuk keluarga kita harus bayar Rp 100.000,- atau Rp 30.000,- perorang selama 30 menit dan kalau mau istirahat di bale kita harus bayar Rp 30.000,- dan pada saat akan pulang kita akan di mintai uang parkir lagi sebesar RP 2.000,-.jadi kalau kalian mau pergi ketempat ini siapkan uang yang banyak bagaimana pariwisata kita mau maju kalau yang di pikirin hanya uang tanpa sarana dan prasarana yang memadai.sangat mengecewakan .

    • Air panas Ciparay ini berada di area wisata Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Dari terminal Baranangsiang, kamu bisa naik angkot 03 ke terminal Laladon. Setiba di terminal Laladon, ambil angkot 53 jurusan Laladon-Segog-Gunung Salak Endah. Begitu sampai di sana, selanjutnya tinggal naik ojeg menuju lokasi air panas.

  • Tirta sanita/ gunung kapur ok. Tempat wajib aku dulu lagi stay di Gn Sindur. Mandailing (sumut) banyak pemandian air panas “gratis” eu, butuh investor n panoramanya mantap.

Tulis Komentar