Inilah 7 Tempat Wisata di Pacitan Paling Menarik

Tempat Wisata di Pacitan
Tempat Wisata di Pacitan

Daya tarik tempat wisata di Pacitan dengan kontur wilayah yang dikelilingi pegunungan adalah pada wisata alamnya yang menawan. Anda dapat menemukan sejumlah pantai yang menarik di daerah ini. Jika Anda adalah seorang penjelajah alam, maka mengunjungi goa-goa yang ada di Pacitan mungkin akan menjadi satu hal berkesan. Dengan jumlah goa yang begitu banyak, Pacitan mendapat julukan Kota 1001 Goa dengan pesona wisata goanya yang menarik untuk dicoba.

Pacitan adalah sebuah kabupaten, terletak di ujung barat daya provinsi Jawa Timur, berjarak 270 km dari kota Surabaya atau 100 km dari Solo. Anda akan membutuhkan waktu sekitar 5-6 jam dari Surabaya untuk dapat sampai di Pacitan. Secara geografis, Pacitan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dengan dikelilingi pegunungan kapur (karst).

Baca juga: Inilah 14 Tempat Wisata di Jawa Timur Paling Memikat

Dari sejumlah objek, salah satu tempat wisata Pacitan yang selalu ramai dikunjungi wisatawan adalah pada pesona pantainya. Pantai dengan pasirnya yang putih di daerah ini menjadi destinasi wisata favorit terutama di saat libur tiba, Anda akan mendapati banyaknya kunjungan wisatawan ke pantai yang ada di Pacitan.

Sementara itu, objek wisata goa di Pacitan umumnya terletak di lereng perbukitan. Pantai dan goa adalah daya tarik utama wisata alam di daerah tempat kelahiran Presiden RI ke-6 ini, Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Tempat Wisata di Pacitan

Berikut ini adalah tempat-tempat wisata di Pacitan yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu yang menarik dari sejumlah tempat wisata Pacitan tersebut adalah tempat surfing dengan ombak laut yang liar, Pantai Watu Karung. Tempat surfing ini sama menariknya sebagaimana yang ada di Pantai Plengkung Banyuwangi atau Desert Point (Bangko-Bangko) Lombok.

1. Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar terletak di Kecamatan Donorojo, berjarak sekitar 40 km dari kota Pacitan. Anda dapat sampai di pantai ini dalam waktu tempuh sekitar 60 menit.

Baca juga: Pantai Klayar Pacitan, Eksotisme Alam yang Begitu Kental

Pesona Pantai Klayar di Pacitan

Pesona Pantai Klayar di Pacitan

Pantai Klayar memiliki hamparan pasir putih, batu karang yang menyerupai Sphinx, karang bolong, seruling laut, dan air mancur alami setinggi 10 meter. Mantan Presiden SBY dan keluarga pernah berlibur di pantai ini beberapa minggu lalu saat tulisan ini dibuat.

Alamat Pantai Klayar: Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur
Peta Lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -8.223808,110.947473

2. Pantai Teleng Ria Pacitan

Pantai Teleng Ria dapat ditempuh dengan waktu 5 menit dari pusat kota Pacitan. Saat ini, Pantai Teleng Ria adalah salah satu tempat wisata Pacitan yang paling ramai dikunjungi.

Baca juga: Pantai Teleng Ria Pacitan, Horizon Indah dari Perbukitan

Pantai Teleng Ria Pacitan

Pantai Teleng Ria Pacitan

Hamparan pasir yang indah serta ombak laut yang relatif tenang membuat pantai ini menjadi destinasi favorit bagi banyak keluarga untuk menghabiskan waktu liburannya. Anda dapat bermain di tepi pantai, berenang, dan melakukan banyak kegiatan menarik lainnya.

Alamat Pantai Teleng Ria: Jl. WR Supratman, Kel. Sidoharjo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -8.220346,111.080865

3. Pantai Watu Karung Pacitan

Pantai Watu Karung di Pacitan terkenal dengan keganasan ombaknya, sebuah pantai yang menjadi tempat surfing berkelas dunia di Pacitan.

Pantai Watu Karung Pacitan

Pantai Watu Karung Pacitan

Di tahun 2009 silam, peselancar top Indonesia Rizal Tanjung mengajak Bruce Irons, juara Rip Curl Pro Search 2008, untuk menjajal ombak Pantai Watu Karung. Tertarik untuk surfing di pantai yang satu ini?

4. Goa Gong Pacitan

Di dalam goa ini, terdapat sebuah batu yang jika dipukul akan menimbulkan bunyi seperti gong yang ditabuh. Perjalanan menuju Goa Gong ini relatif mudah melalui jalanan setapak.

Baca juga: Goa Gong Pacitan, Pesona Goa Terindah di Asia Tenggara

Goa Gong Pacitan

Goa Gong Pacitan

Goa Gong terletak di Desa Bomo, sebuah gua yang indah dan cukup dalam diantara gugusan gua-gua yang berada di di sekitarnya. Goa ini adalah salah satu yang terkenal dari sejumlah tempat wisata Pacitan. Nama Goa Gong erat kaitannya dengan salah satu nama perangkat gamelan Jawa, yaitu gong.

Alamat Goa Gong: Desa Bomo, Kec. Purung Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
Peta Lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -8.16484,110.97984

5. Goa Tabuhan Pacitan

Goa Tabuhan yang terletak di dusun Tabuhan, Desa Wereng ini adalah goa dengan karakter magis yang ada di Pacitan. Nama goa ini berasal dari kata tabuh, yang artinya membunyikan alat musik pukul.

Goa Tabuhan Pacitan

Goa Tabuhan Pacitan

Di dalam goa, Anda dapat menikmati sajian musik gamelan Jawa dengan instrumen yang berasal dari stalaktit dan stalagmit yang dimiliki goa di Jawa Timur yang satu ini.

6. Sungai Maron Pacitan

Sungai Maron adalah “Green Canyon” nya Pacitan. Sungai ini dapat Anda temui di Desa Dersono. Cara terbaik untuk menikmati pesona green canyon ini adalah dengan menyewa perahu penduduk, lalu menyusuri sungai yang panjangnya 4,5 km ini.

Baca juga: Sungai Maron Pacitan, “Green Canyon” Menawan yang Patut Dikunjungi

Sungai Maron Pacitan

Sungai Maron Pacitan

Pesona salah satu tempat wisata Pacitan ini terletak pada panorama alam yang dapat Anda nikmati tatkala menyusuri alur sungai. Paduan harmoni alam dari pepohonan hijau di sepanjang tepian sungai, tanaman kelapa, serta air sungai yang jernih sungguh menyuguhkan pengalaman wisata yang menawan hati.

Anda akan mendapati sebuah suasana damai di tempat ini. Aliran Sungai Maron bermuara di Pantai Ngiroboyo. Setiap tahun, di sungai ini diadakan lomba dayung yang telah dimulai sejak tahun 2012 silam.

Alamat Sungai Maron: Desa Dersono, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jawa Timur
Peta Lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -8.238044,110.984022

7. Pemandian Banyu Anget Pacitan

Air yang ada di tempat pemandian Banyu Anget berasal dari sumber air panas Tirto Husodo di Pacitan. Pemandian ini terletak sekitar 15 km sebelah utara pusat kota. Anda akan mudah menjumpai tempat pemandian air panas Pacitan ini.

Pemandian Banyu Anget Pacitan

Pemandian Banyu Anget Pacitan

Di sana, ada banyak kolam yang ada. Tersedia 4 kolam untuk pemandian, 2 kolam renang dewasa, kolam renang anak-anak, serta kolam tempat sumber air panas.

Loading...
No review found! Insert a valid review ID.

34 Komentar

  • welecome to PACITAN PARADISE OF JAVA
    pacitan memang luar biasa,sayang banyak destinasi yang aksesnya masih sulit di jangkau oleh kendaraan besar karena medan jalan yang sulit dan sempit. bahkan di sebagian tempat ada yang harus melewati tepi jurang. tapi jangan kawatir, bagi anda yang pengen menikmati keindahan wisata di pacitan,kami MUJIATI tour&travel siap membantu, local transport, guide, reservasi homestay dan hotel, resto, antar jemput bandara.
    fast respon 081234114314, 0818227310
    pin: 51b34d2f
    #AKU_BANGGA_JADI_ANAK_PACITAN

  • Semua itu sudah aku coba kecuali di sungai yang warnanya hijau itu aku jadi pengen kesitu xixixixixixi

  • Pantai-pantai di Pacitan sangat menarik dan bisa di jadikan untuk tujuan berwisata saat weekend bersama orang terkasih kita… jadi ingin berkunjung ke Pantai di Pacitan… Salam Wisata…

  • Penggalian syurga Allah yang membentang antara ujung barat dan timur indonesia….berdyukurlsh

  • memang Pacitan daerah yang dikelilingi pegunungan,sangat indah,banyak pantai dan goa

  • sempurna ciptan Allah dengan goresan tinta keseimbangan yang terukur dengan timbangan keadilan yang didasari oleh selaksa mana yang tak akan bisa dihitung sampai kapan pun oleh siapa pun dan bagaimana pun hanya dengan sujud dan kejernihan hati tabir itu akan tersingkap.

  • Pantai Klayar ckp indah tp kalau kesana mobil yg akan dipakai hrs sehat, krn tanjakannya sangat tinggi dan berkelok jln sempit

  • saya mau tnyak oper kendaraan ke pantai klayar iku brapa tariffe .? dari goa gong / punung .?

  • wuih……planing th depan aja deh ke Pacitan… krn th ini sdh terencana ke wisata Jember……

  • Monggo tindak wonten pacitan.. Kutho paling aman nyaman..

  • Masih banyak yang bisa dikunjungi… Pantai Pidakan (Ds. Jetak, Kec. Tulakan, Kab. Pacitan) dan Pantai Soge (Ds. Sidomuyo, Kec. Ngadirojo, Kab. Pacitan) dari Pacitan kota tempat tersebut letaknya berurutan…. Tak kalah menarik lho……

  • sy dah 2x wisata ke Pacitan dan ingin balik lagi kesana, kangen ma ikannya di teleng ria

  • aku sdh bbrp x k pacitan klihatax pantai klayar target berikutnya. apalagi berendam d pemandian tirto husodo wih nikmat skl brow

  • Kayak nya goa gong ma pantai klayar nie target tanggal 21 maret besokkk….
    mudah mudah an lancar ….aminnn,,

  • Datanglah. Me pacitan and a akan dapat pengalaman wisata alam yang menajubkan, duly says pernah tin gal do pacitan sampai Tamar small nya sby

  • teleng ria dan kelayar jaraknya jauh,,, telengria berada di jantung kota pacitan. kalau klayar berada di pinggir kabupaten. sekitar 49 km

  • Akhir februari 2015 ini, saya dan teman-teman berencana wisata ke Pacitan. Tapi masih bingung, pilih ke Pantai Klayar atau Teleng. Setelah baca referensi dari web tempat wisata ini, kayaknya kita mutisin untuk ke Kalayar deh. Makasih ulasannya, sangat membantu.

    Oia, antara pantai Teleng dan Klayar itu berdekatan nggak?

    • Untuk menuju Pantai Klayar dapat di tempuh dengan BIs Besar gak ? Keadaan jalannya gimana ? Rencana mau bawa rombongan kesana 19 April 2015 nanti.

      • tidak bisa dg bus besar, oper angkutan kecil di goa gong atau pasar punung (banyak tersedia angkutan untuk oper ke lokasi baik di Punung atau goa gong, lebih aman oper di Punung). jln kecil berkelok2.

      • bis bisa tp harus ekstra hati2 pak sopir nya..
        kayae di di klayar ada yang parkir bis tuh 😀 heheheh

  • Kami pernah ke pacitan, pantainya sangat mempesona dengan gemuruk ombak yang menggelegar. Ya karena itu berada di pantai selatan. Ada juga yang lautnya sangat tenang seperti di dalam air gelas. lokasinya ada di Karimunjawa. Selamat datang di Karimunjawa (Kurnia Karimunjawa Tour)

  • Saya pernah : Goa Gong & Pantai Klayar, Sebentar lagi : Pantai Teleng Ria & Goa Tabuhan, dan Kapan2 : Banyak…..