Inilah 18 Tempat Wisata Kuliner di Semarang Paling Terkenal Dikunjungi

6. Bakmi Jawa Pak Gareng

Jika Anda mengunjungi tempat wisata kuliner di Semarang yang satu ini, Anda akan dimanjakan dengan 2 pilihan bakmi yang lezat, yaitu Bakmi Masak Goreng dan Bakmi Masak Kuah. Bagi penggemar bakmi, tentu saja keduanya sama-sama lezat, terlebih bila dilengkapi dengan ayam suwir, telor, kol, dan sawi. Jika Anda kurang menukai bakmi, masih ada aneka sate yang siap mengisi perut yang keroncongan.

Bakmi Jawa Pak Gareng, cocok bagi penggemar bakmi

Bakmi Jawa Pak Gareng, cocok bagi penggemar bakmi via keluargakamil.com

Bakmi Jawa Pak Gareng juga menyediakan kuliner lain, yaitu Nasi Ruwet. Bila di Malang, sajian kuliner ini sering disebut Nasi Mawut. Nasi Ruwet sebenarnya nasi goreng biasa, hanya saja kali ini dicampur dengan mie. Sebutan Nasi Ruwet mungkin diambil dari tampilan nasi goreng yang bercampur dengan mie tersebut. Di Bakmi Jawa Pak Gareng, semua makanan dimasak dengan menggunakan bahan bakar arang, bukan menggunakan kompor. Ini mungkin yang membuat citarasanya berbeda, lebih alami dan lezat.

Alamat Bakmi Jawa Pak Gareng: Jl. Wotgandul Dalam No. 173, Semarang

7. Mie Siang Kie

Meski sama-sama menggunakan bahan dasar mie olahan, terdapat perbedaan antara Mie Siang Kie dan Bakmi Jawa Pak Gareng. Mie Siang Kie menawarkan mie pangsit dengan isi daging babi.

Mie Siang Kie di Semarang

Mie Siang Kie di Semarang via omnivoreadventure.blogspot.co.id

Mie Siang Kie menyajikan rasa mie yang lezat. Perpaduan antara mie, ayam suwir, kuah kaldu, dan sawi rebus menghadirkan cita rasa unik, apalagi ditambah pangsit isi daging babi. Mau mencoba keunikan rasa Mie Siang Kie? Datang saja ke kawasan Pecinan di Kota Semarang.

Alamat Mie Siang Kie: Jalan Gang Lombok (daerah Pecinan), Semarang

8. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Dari namanya, terbayang menu lezat tempat wisata kuliner Semarang yang satu ini. Keberadaan Gulai Kambing Bustamar Pak Sabar membuktikan bahwa kuliner lezat tidak hanya tersaji di restoran mewah, tetapi bahkan di warung tenda sekalipun Anda dapat menemukan sajian kuliner dengan level kenikmatan yang sama.

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar di belakang Gereja Blenduk Semarang

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar di belakang Gereja Blenduk Semarang via munamadrah.com

Gulai kambing di tempat ini memang spesial. Jika kebanyakan gulai kambing dimasak dengan santan untuk mendapatkan kuah yang kental, Gulai Kambing Bustaman Pak sabar justru tidak menggunakan santan. Kelapa yang seharusnya dijadikan santan justru diparut, disangrai sampai kering dan ditumbuk hingga halus, kemudian dicampurkan dengan bumbu lainnya. Hasilnya sungguh luar biasa. Anda tidak akan mendapatkan kuah kental penuh lemak, melainkan kuah bening segar yang begitu lezat. Tempat makan ini buka setiap hari, mulai dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Biasanya, puncak kedatangan pengunjung ada saat jam makan siang.

Alamat Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar: di belakang Gereja Blenduk, kawasan Kota Tua, Semarang

9. Angkringan Gaul Ampiran 3

Dari namanya yang memakai kata “gaul”, Angkringan Gaul Ampiran 3 ini memang didesain untuk segmen anak-anak muda. Seperti angkringan pada umumnya, Angkringan Gaul identik dengan sajian menu nasi kucing, sate, dan gorengan. Dari sisi harga juga tetap terjangkau.

Angkringan Gaul Ampiran 3, tempat kuliner anak muda di Semarang

Angkringan Gaul Ampiran 3, tempat kuliner anak muda di Semarang via tekooo.com

Tetapi, Angkringan Gaul Ampiran 3 bukanlah angkringan biasa. Salah satu destinasi kuliner di Semarang ini juga menyediakan akses akses Wi-Fi gratis bagi para pengunjungnya. Tak hanya itu, Angkringan Gaul juga menyajikan pertunjukan live music pada hari-hari tertentu. Konsep inilah yang membuat Angkringan Gaul Ampiran 3 tergolong jenis angkringan yang tak biasa.

Alamat Angkringan Gaul Ampiran 3: Jalan Durian Raya No. 29C, Semarang

10. Warung Asem-Asem Koh Liem

Tjuan wisata kuliner di Semarang yang unik juga dapat Anda temukan di Warung Asem-Asem Koh Liem. Rumah makan yang satu ini memang menyajikan menu sederhana, tetapi kelezatannya tidaklah sederhana. Menu kuliner yang disajikan, misalnya Lontong Cap Gomeh, Kikil Lombok Ijo, Bandeng Sarden, dan lainnya. Ada satu menu andalan di tempat ini, yaitu asem-asem.

Warung Asem-Asem Koh Liem di Semarang

Warung Asem-Asem Koh Liem di Semarang via infomakan.com

Kuliner asem-asem terbilang hampir mirip dengan Garang Asam, namun asem-asem menggunakan daging sapi yang dimasukkan dalam kuah asam manis segar. Asem-asem menggunakan campuran belimbing Wuluh dan ditambah potongan tomat. Inilah yang membuat rasanya cenderung asam manis. Bila Anda sedang mencari tempat santap siang di Semarang, maka Rumah Makan Asem-asem Koh Liem juga menjadi tempat yang patut dikunjungi.

Alamat Warung Asem-Asem Koh Liem: Jl. Karanganyar Blok C-4 No. 28, Semarang

Loading...

Review: Tempat Wisata Kuliner di Semarang

0
Pesona Wisata
0
Akses Akomodasi
0
Akses Transportasi
Pembaca >> 0 votes 0
Ulasan Wisatawan 0

Pengalaman langsung Anda sangat membantu wisatawan lainnya.

Tulis ulasan