Tips Wisata di Thailand dalam Situasi Kudeta Militer

tips wisata di Thailand

Dari berbagai berita di televisi dan surat kabar kita mengetahui bahwa kondisi politik dan pemerintahan di Thailand saat artikel ini ditulis masih dalam kudeta militer. Rezim militer yang dipimpin oleh panglima angkatan bersenjata di Thailand saat ini masih memegang kendali pemerintahan serta berbagi aspek kehidupan masyarakat Thailand.

Meski situasi Thailand masih dalam penguasaan kudeta militer, roda negara masih terus berjalan secara normal. Di antaranya adalah kondisi ekonomi dan bisnis yang masih tetap berjalan normal, situasi sosial dan budaya yang tetap berjalan, termasuk juga kehidupan kepariwisataan di Thailand. Wisata di Thailand tetap berlangsung sebagaimana biasanya, kecuali untuk wisata malam Thailand. Ini disebabkan oleh karena junta militer di Thailand memberlakukan jam malam, yakni membatasi waktu pergerakan orang-orang hingga pukul tertentu di tengah malam. Artinya, Anda telah harus kembali ke peraduan masing-masing, dengan kata lain berada di rumah.

Thailand memang masih dikuasai oleh rezim militer yang melakukan kudeta terhadap pemerintahan demokratis yang ada di sana, namun Anda masih dapat melakukan perjalanan wisata Thailand untuk mengunjungi tempat-tempat menarik di Bangkok, melihat patung Buddha emas, mengunjungi kuil-kuil Buddha Thailand, termasuk menikmati aneka wisata kuliner di Thailand. Bahkan, kegiatan wisata belanja di Thailand atau berbelanja di Kota Bangkok juga masih dapat Anda lakukan secara normal.

Baca juga artikel yang mengupas tentang sejumlah tempat wisata di Bangkok Thailand.

Namun, ada baiknya Anda mengetahui tips wisata di Thailand ini di tengah situasi kudeta militer yang terjadi di sana. Tips ini mungkin akan berguna untuk menambah informasi Anda tentang segala aspek yang berkaitan dengan wisata Thailand teraktual.

1. Fasilitas publik berjalan normal di Thailand

Kegiatan wisata Anda di Thailand dipastikan akan berjalan lancar sebab seluruh fasilitas publik berjalan normal, kecuali sejumlah sekolah yang memang diliburkan. Namun, Anda akan melihat terdapat pos-pos militer yang melakukan pemeriksaan di sejumlah lokasi. Ada dapat berwisata belanja di Thailand karena pusat-pusat perbelanjaan memang buka secara normal, termasuk bandara udara, kereta bawah tanah, dan berbagai layanan transportasi lainnya.

2. Tetap update dengan informasi terbaru di sana

Pemerintah militer Thailand memang telah melakukan blok terhadap situs jejaring sosial, seperti facebook dan youtube. Namun, Anda masih dapat menggunakan Twitter untuk mengetahui informasi terbaru tentang situasi aktual Thailand.

3. Miliki dan simpan nomor-nomor telpon penting

Misalnya nomor telpon layanan kereta bawah tanah, MRT, kantor polisi, layanan rumah sakit, kantor kedutaan RI, dan nomor-nomor telpon lainnya yang Anda anggap penting selama melakukan kegiatan wisata Thailand tersebut.

4. Jangan lupa untuk selalu membawa paspor

Ini sangat krusial dan penting sekali sebab Anda mungkin akan melewati pos pemeriksaan militer saat berwisata di Thailand. Dengan paspor yang selalu Anda bawa, maka perjalanan wisata Anda akan aman dan termasuk yang dilindungi oleh pemerintah setempat. Sebab, Anda mungkin akan diantar ke kedutaan RI di Thailand jika terjadi huru-hara sosial politik di sana. Tentu saja, kantor kedutaan adalah tempat paling aman di negara asing.

5. Selalu aware dengan peringatan pemerintah Indonesia

Jika Anda melakukan perjalanan wisata ke Thailand, pastikan untuk mengikuti peringatan yang mungkin dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri RI tentang situasi politik dan keamanan di Thailand terbaru. Ini akan sangat berguna bagi Anda untuk menghindari dari berbagai kemungkinan buruk selama wisata di Thailand tersebut. Jangan sekali-kali abaikan peringatan pemerintah.

Semoga tips wisata ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Loading...
No review found! Insert a valid review ID.