Pesona 7 Tempat Wisata di Sukabumi Paling Memikat

Tempat Wisata Sukabumi
Tempat Wisata Sukabumi

Keindahan tempat wisata Sukabumi terletak pada wisata alamnya yang menawan. Topografi wilayah Sukabumi yang dikelilingi pegunungan membuat udara di daerah tersebut begitu segar dengan cuaca yang sejuk, salah satu destinasi wisata Jawa Barat yang menarik. Kota Sukabumi terletak di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango, dengan ketinggian 584 meter dpl, dan suhu udara maksimum 29 derajat celcius.

Untuk datang ke sejumlah tempat wisata Sukabumi, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 120 km jika Anda dari Jakarta. Dari Bandung, jarak perjalanan ke Sukabumi adalah sejauh 96 km. Pesona tempat wisata di Sukabumi juga ada pada sebuah cagar budayanya yang terkenal, yakni Kampung Ciptagelar, sebuah kampung adat dengan tradisi masyarakat yang masih dipertahankan hingga kini. Jika Anda ingin mencari kuliner Sukabumi, maka beberapa jenis makanan yang menarik antara lain adalah mochi, bubur ayam sukabumi, surabi, dan sebagainya.

Baca juga: 6 Spot Wisata Pelabuhan Ratu di Sukabumi Terpopuler

Tempat Wisata Sukabumi

Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata Sukabumi yang paling memikat, beberapa di antaranya menyuguhkan pesona wisata alam Sukabumi yang mengesankan untuk dikunjungi.

1. Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar adalah sebuah kampung adat, Anda akan menjumpai bentuk rumah yang khas di sana. Tempat wisata Sukabumi yang satu ini adalah sebuah cagar budaya yang terpelihara hingga saat ini.

Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar

Masyarakat di kampung tersebut masih memegang tinggi tradisi leluhur. Masyarakat yang tinggal di Kampung Ciptagelar disebut masyarakat kasepuhan. Sebutan kasepuhan ini menunjukkan model sistem kepemimpinan dari suatu komunitas atau masyarakat yang berasaskan adat kebiasaan para orang tua (sepuh atau kolot).

Kampung Ciptagelar terletak di daerah Desa Sirnaresmi, Kec. Cisolok, Sukabumi. Dari pusat kota Sukabumi, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 103 km untuk dapat sampai di Kampung Ciptagelar.

2. Situ Sukarame

Situ Sukarame adalah sebuah danau yang berada di kaki Gunung Salak. Karena dikeliling hamparan kebun teh yang mempesona, panorama alam di kawasan tempat wisata Sukabumi yang satu ini begitu indah dengan udara sejuk dan segar. Situ Sukarame adalah destinasi favorit yang ramai dikunjungi orang. Kegiatan alam yang menarik dilakukan antara lain memancing dan berselancar menggunakan tali melintasi situ.

Situ Sukarame Sukabumi

Situ Sukarame Sukabumi

Tak jarang, kawasan Situ Sukarame dijadikan juga sebagai tempat perkemahan bagi komunitas Pramuka. Terletak di desa Parakansalak, Kec. Parakansalak, Sukabumi, lokasi danau ini jauh dari keramaian. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Situ Sukarame sebesar Rp 5 ribu per orang (dewasa). Anda dapat menikmati wahana permainan yang ada di sana dengan biaya yang murah.

Baca juga: Ini 8 Tempat Wisata di Bandung Paling Terkenal

3. Goa Buniayu

Goa Buniayu ini terletak di Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Sukabumi. Kegiatan wisata yang paling lazim dilakukan di tempat wisata Sukabumi yang satu ini adalah kegiatan caving.

Goa Buniayu Sukabumi

Goa Buniayu Sukabumi

Goa Buniayu disebut juga goa yang menyerupai botol karena jalan masuk yang sempit namun akan luas setelah berada didalam goa. Rangkaian indah stalaktit dan stalakmit, sungai dan air terjun yang berada di bawah tanah, serta ornamen alam lainnya akan Anda temui dalam penyusuran goa tersebut.

4. Situ Gunung

Situ Gunung  adalah sebuah danau yang terletak di kaki Gunung Pangrango, secara administratif berada di Kec. Kadu Dampit, berjarak sekitar 16 km dari pusat kota Sukabumi. Daya tarik utama salah satu tempat wisata di Sukabumi ini terletak pada keindahan alam yang mengagumkan. Situ Gunung berada pada ketinggian 970 m dpl. Sekitar 4 km dari danau, Anda akan menjumpai sebuah curug (air terjun) dengan pemandangannya yang indah.

Situ Gunung Sukabumi

Situ Gunung Sukabumi

Situ Gunung adalah juga destinasi wisata keluarga yang menarik untuk dikunjungi. Anda dapat menjelajahi danau dengan berperahu, atau memancing ikan. Jika Anda suka, bahkan kegiatan menelusuri hutan yang ada di kawasan Situ Gunung adalah sebuah hal yang mengasyikkan.

Baca juga: 7 Pesona Memikat Tempat Wisata Ciwidey Bandung

5. Arung Jeram Sungai Citarik

Salah satu tempat arung jeram yang menarik untuk Anda kunjungi, terutama pecinta rafting. Sungai Citarik adalah tempat wisata Sukabumi yang memiliki aliran air yang deras, dengan tantangan rafting yang memacu adrenalin.

Arung Jeram Sungai Citarik

Arung Jeram Sungai Citarik

Arung Jeram Sungai Citarik adalah salah satu tempat arung jeram yang populer di Jawa Barat. Dilengkapi dengan sejumlah operator profesional yang siap memandu dan melayani Anda, pengalaman rafting di Sungai Citarik akan menjadi sangat mengesankan.

Baca juga: Ini 7 Tempat Wisata Garut Paling Populer

6. Pantai Cimaja

Inilah pantai yang menjadi tempat surfing di Sukabumi. Pantai Cimaja memiliki ombak dengan tinggi mencapai 4 meter, sebuah tempat surfing yang menarik dan dapat ditempuh cukup dekat dari ibukota Jakarta.

Pantai Cimaja Sukabumi

Pantai Cimaja Sukabumi

Pantai Cimaja adalah salah satu lokasi pantai yang merupakan bagian daripada pantai Pelabuhan Ratu. Pantai Pelabuhan Ratu adalah pantai yang paling populer dan menjadi kebanggaan pariwisata Sukabumi, pantai ini begitu luas dengan sejumlah lokasi yang menarik, salah satunya pantai Cimaja.

Di pantai Cimaja ini, sering diselenggarakan kompetisi selancar nasional dan internasional. Anda yang menyukai selancar akan sangat tepat mengunjungi salah satu tempat wisata di Sukabumi ini.

7. Geopark Ciletuh

Terletak di Kec. Ciemas, Geopark Ciletuh adalah sebuah tempat wisata di Sukabumi yang masih alami dengan suguhan panorama alam yang memikat, memberikan Anda pemandangan pegunungan, bukit, pantai, hingga bebatuan purba.

Geopark Ciletuh Sukabumi

Geopark Ciletuh Sukabumi

Di area wisata Geopark Ciletuh ini, terdapat juga sejumlah air terjun, seperti Curug Cimarinjung, Curug Cikanteh, Puncak Manik, dan Curug Ngelay.

Anda akan menempuh perjalanan selama 5 jam dari pusat kota Sukabumi untuk dapat sampai di tempat wisata Geopark Ciletuh ini. Dengan mengambil paket wisata yang ada di Geopark Ciletuh, Anda dapat menikmati berbagai pesona indah alam yang mengesankan.

Loading...
No review found! Insert a valid review ID.

12 Komentar

  • Wisata di Sukabumi itu keren2, harusnya memang setiap karyawan di kementrian pariwisata jalan2 dan meng-eksplore kekayaan Indonesia, agar infrastruktur terus dibenahi, jangan kerja dibelakang meja terus. Geopark Ciletuh, Curug Awang and satu lagi, Tebing Panenjoan, itu sumpah kereeeen banget, coba deh jalan2 kesana..g bakal nyesel. Dijamin!!!

  • Alhamdulillah jalan sekarang udah selesai di cor mnjadi tambah lebar tinggal menunggu pembangunan jembatan yg sebentar lg selesai dn juga projeck tol bogor ciawi sukabumi ( tol bocimi) sudah berjalan smoga 2017-2018 selesai

  • Sukabumi Pemandangan dan kulinernya ok, supaya nggak terjebak macet beragkat dari jakarta harus sebelum subuh ( bagi yg muslim bisa shalat subuh di Masjid sepanjang jalan sukabumi ).
    Perjalanan 2 – 3 jam, jadi sampe masih pagi..bisa langsung sarapan bubur di alun2x atau bubur bunut.
    tks

  • Jalur jakarta sukabumi memang selalu padat (macet). Tapi padat juga warung2 kuliner dsna ha…..

  • Lingkungan sukabumi memang asri, yang bikin lumayan kapok kesana tu macetnya susah ditempuh pake kendaraan jenis apa juga, tapi suatu hari ane pasti. Berangkat lagi kunjung ke sukabumi,

  • Wuiiiihhh sukabumi…
    Dilaju dari Jakarta Identik dengan macetnya…jalanan berlubang dan tidak rata, daaaaannnn…jembatannya yg ga rampung-rampung direhab sudah bertahun-tahun…
    Pengalaman selama satu tahun terakhir ini tiap minggu PP Jkt-Sukabumi ya begitulah kondisinya 🙁
    Terkadang perjalanan bisa memakan waktu 5-6 jam dari Jkt ke Sukabumi…

  • Bagus-bagus………tinggal pemerintah lebih peduli untuk lebih meningkatkan parawisata di Sukabumi

  • bagus2 siii…. tapi akses kesana ihhhh….. macet total lahh, jalan rusak lahh,… parah dahh… pejabatnya kebanyakan minum akuwa kaliii….

    • Semoga kendala-kendala itu dapat dibereskan para pemangku kepentingan agar pariwisata di Sukabumi semakin maju.

    • Iya emg macet, tpi jalanan ny licin ko ga berlubang, malah nanti akan ada akses jalan tol,biar jauh dan macet pasti puas pas klw udh nyampe hehe saya asli sukabumi soalnya, terus klw bisa datangnya jgn pas musim libur biar ga macet, asli bagus ko ga bakal nyesel… 😀