Monumen dan Museum, Wisata Sejarah di Purwokerto

wisata sejarah di purwokerto

Wisata di Purwokerto tak hanya memberikan keindahan wisata alam serta aneka wisata kuliner yang menarik untuk dikunjungi. Tetapi, wisata sejarah di Purwokerto sangat sayang untuk dilewatkan. Kota Purwokerto terkenal dengan berbagai sebutan yang melekat padanya, di antaranya adalah kota wisata, kota kripik, kota jenderal, dan sebagainya.

Di kota ini, Anda dapat menjumpai sejumlah monumen dan museum yang memiliki nilai sejarah tinggi. Para penikmat perjalanan tentu saja akan mendapat dimensi wisata yang variatif di kota ini. Sebuah pengalaman perjalanan yang berkesan tentu saja.

Baca juga: Tempat Wisata di Purwokerto Paling Menarik

Wisata Sejarah di Purwokerto

Apa saja monumen dan museum di Purwokerto yang menjadi wisata sejarah tersebut? Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata sejarah di Purwokerto yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman

Monumen yang terletak di pinggir Sungai Logawa Kecamatan Karanglewas, kurang lebih 4 km dari kota Purwokerto ini dibangun untuk mengenang perjuangan Jenderal Soedirman di Kabupaten Banyumas, khususnya di Purwokerto.

Berkat keahlian strategi dan kepandaian dalam bernegosiasi dengan penjajah Jepang, maka pengambilalihan kekuasaan dari penjajah Jepang kepada para pejuang di Kabupaten Banyumas berjalan tanpa pertumpahan darah. Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 15 Oktober 1945 bertempat di Markas Komando Kesatuan Pertahanan Jawa Tengah di Magelang.

2. Museum Uang Bank Rakyat Indonesia

Tak hanya hanya Mandiri yang memiliki Museum Bank Mandiri di kawasan Kota Jakarta. Bank Rakyat Indonesia juga memiliki Museum di Purwokerto Jawa Tengah.

Museum ini didirikan pada 16 Desember 1895 oleh Patih Aria Wirjaatmadja dan diresmikan tahun 1990. Museum ini adalah salah satu wisata sejarah di Purwokerto yang cukup terkenal.

Baca juga: Pesona Tempat Wisata Baturaden Jawa Tengah

3. Museum Wayang Sendang Mas

Museum ini terletak di kompleks Pendopo Kabupaten Banyumas Lama di Kota Banyumas. Gedung Museum ini memiliki luas 93,4 m². Nama Sendhang Mas merupakan kependekan dari Seni Pedhalangan Banyumas.

Tujuan didirikannya Museum ini adalah untuk melestarikan kebudayaan Jawa khususnya wayang. Koleksi museum wayang ini antara lain berisi wayang kulit gagrag Banyumas, gagrag Solo, gagrag Yogyakarta, Sunggingan gagrag Banyumas, wayang krucil (klithik), wayang beber, dan kaligrafi huruf Jawa (dalam bentuk gunungan dan punakawan).

4. Monumen Gatot Subroto

Monumen ini dibuat untuk mengenang dan menghormati jasa dan perjuangan Jenderal TNI Anumerta Gatot Subroto yang telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional dengan keputusan Presiden RI No. 222 Tahun 1962. Monumen ini terletak di Berkoh (pintu masuk kota purwokerto bagian timur).

Tempat wisata di Purwokerto ini adalah sebuah patung Jenderal Gatot Subroto yang sedang menunggang kuda dengan tegap dan gagah perkasa, manatap ke depan dengan kendali di tangan. Patung ini terbuat dari perunggu seberat 2 ton, dengan tinggi 4 meter dari kaki kuda sampai topinya. Patung ini berdiri di atas landasan berbentuk silinder beton dengan tinggi 5 meter serta dengan bentuk alas persegi lima, dan dikelilingi pagar besi.

Monumen ini diresmikan tanggal 24 Mei 1982 oleh Menteri Pertahanan Keamanan / Panglima ABRI, Jenderal TNI M. Jusuf. Monumen Gatot Subroto adalah tempat menarik yang dapat Anda temukan di wisata Purwokerto.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Purwokerto

5. Monumen Sepoer

Monumen Sepoer adalah sebuah bekas lokomotif uap yang telah direhabilitasi sedemikian rupa yang diletakan di halaman kantor Perusahaan Jawatan Kereta Api DAOP IV Purwokerto sebagai monumen.

Pertama kali kereta api beroperasi di Jawa Tengah pada tanggal 10 Agustus 1867, yaitu Lintas Semarang – Temanggung yang dibangun oleh perusahaan swasta yaitu N.V. Nederland Indische Spoorweg Maatschappij (NISM ). Pembangunan ini merupakan yang pertama di Indonesia.

6. Monumen Sepuluh Purwokerto

Monumen Sepuluh berbentuk bambu runcing patah sebanyak 10 buah.

Monumen ini menggambarkan gugurnya 10 pahlawan anggota Brigade XVII Tentara Pelajar Kompi Purwokerto dalam periode Perang Kemerdekaan I dan II.

Menarik bukan wisata sejarah di Purwokerto ini? Kita akan memperoleh banyak wawasan dari perjalanan ke tempat ini.

Loading...
No review found! Insert a valid review ID.

1 Komentar

  • Di purwokerto Tempatnya wisata nya Bagus-bagus Deh, jadi pengen kesana ,…
    I like purwokerto